INFO KELULUSAN SMPN 126

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Selasa, 03 November 2009

HARDWARE



INPUT DEVICE, BEBERAPA CONTOH DARI MASUKAN :



1. KEYBOARD

Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi.

Keyboard digunakan untuk memasukan data atau untuk memberikan perintah pada komputer.

Jenis-jenis keyboard yaitu: Serial, PS/2 dan USB

Beberapa merek keyboard yang ada dipasaran antara lain yaitu: Logitech, Accer, dll





2. MOUSE


Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor

Jenis Mouse antara lain yaitu:
Serial, PS/2 dan USB

Beberapa merek mouse yang ada dipasaran antara lain yaitu:
Logitech, Genius, dll.

Bagian-bagian Mouse

Bentuk pointer mouse standar adalah sbb ( )





Istilah dalam mouse :

- Klik mouse: Menekan tombol kiri mouse sebanyak 1 kali

- Double Klik : Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali dengan cepat

- Drag and Drop: Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali

- Klik Kanan: Menekan tombol kanan mouse sebanyak 1 kali

- Scroll lock : Menggulung layar ke atas atau ke bawah





3. JOYSTIK

Piranti masukan berupa tongkat, yang menangkap gerakan-gerakan dinamis, dan mengubah gerakan tersebut menjadi data untuk diolah oleh komputer.






4. DIGIZER

Piranti masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke layar komputer.





5. SCANNER


Peralatan masukan ini berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer.

Beberapa merek scanner dipasaran antara lain adalah:
Canon, HP, Accer dll.







6. OCR

Metoda pembacaan data oleh scanner optik dan menterjemahkan data tersebut ke dalam bentuk data biner yang dapat dibaca oleh komputer.


7. LIGHT PEN

Pena cahaya, merupakan piranti masukan yang menggunakan cahaya dalam menerima masukannya. Alat ini berupa pena yang disambungkan kabel di belakangnya, kabel tersebut dihubungkan langsung ke komputer. Cara kerja alat ini adalah sebagai berikut: Bila ujung pena ini kita bawa ke layar monitor, sampai dengan jarak yang cukup dekat, maka apabila kita menggerakan pena ini di layar, akan terdapat gambar ataupun tulisan hasil goresan yang kita buat tadi.

Penggunaan light pen kadangkala dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area kecil, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer (touch screen). Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada ditentukan daerah goresan yang dilaluinya. Dengan demikian, light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Akhirnya, skema gambar juga muncul melalui monitor. Light pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet.

Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Sinar yang dipancarkan akan membaca bar-code, dan kemudian mengubahnya kedalam pulsa elektronik serta mengirimnya ke-CPU.



8. BARCODE READER


Garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, umumnya digunakan sebagai identifikasi terhadap suatu objek atau barang

Kode Batang. Sejenis kode yang mewakili data atau informasi tertentu (biasanya jenis dan harga barang seperti makanan dan buku). Kode berbentuk batangan balok dan berwarna hitam putih ini, mengandungi satu kumpulan kombinasi batang yang berlainan ukuran yang disusun sedemikian rupa. Kode ini dicetak di atas stiker atau di kotak bungkusan barang. Kode tersebut akan dibaca oleh alat pengimbas (Barcode reader) yang akan menterjemahkan kode ini kepada data/informasi yang mempunyai arti. Di supermarket, barcode reader ini biasanya digunakan oleh kasir dalam pencatatan transaksi oleh customer.

Tidak ada satu standard dari kode batang ini, malahan terdapat bermacam-macam standard yang digunakan untuk berbagai keperluan, industri, maupun berdasarkan tempat digunakannya. Semenjak 1973, Uniform Product Code (UPC) diatur oleh Uniform Code Council, sebuah organisasi industri, yang menyediakan suatu standard bar code yang digunakan oleh toko-toko retail. Joe Woodland, merupakan penemu sistem barcode ini.



9. PEMBACA KARTU CERDAS


Sebuah computer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung processor, RAM, ROM dan biasa digunakan untuk menyimpan data pasien, nasabah




OUTPUT DEVICE


1. MONITOR

Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output.yang umum digunakan antara lain:

Jenis Tampilan Video

Monitor

Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.


Monitor dikelompokan berdasarkan teknologinya yaitu:
  1. Monitor CRT (Cathode Ray Tuble)
  2. Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD
  3. Monitor LCD (Liquid Crystal Display).




Berdasarkan tampilan komputer terbagi atas 3 jenis yaitu:

  1. Monocrom (Satu warna dengan latar belakang hitam)
  2. Grayscale (Bayangan abu-abu latar belakang putih)
  3. Color ( Warna secara penuh mulai dari 15 – 16 juta warna yang berbeda)

Beberapa merek monitor antara lain: Sony, LG, Philip dll


2. SPEAKER


Speaker

Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.

Beberapa merek speaker antara lain: Simbada, Altec, dll.







3. FLAT PANEL DISPLAY

Merupakan display (tampilan) yang menggunakan LCD. LCD tidak mengeluarkan sinar seperti pada CRT. Flat Panel Display selain menggunakan LCD ada juga yang menggunakan campuran gas argon yang diisikan diantara kaca pipih berbentuk layer.




HARDCOPY


PRINTER


Printer

Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.




Beberapa Jenis Printer antara lain adalah:


  1. Printer Dot Matrik yaitu: Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik-titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.
  2. Printer Ink jet yaitu : Mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
  3. Printer Laser yaitu: Menggunkan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.



Beberapa merek printer antara lain: Epson, HP, Canon, dll.









Ploter


Ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak atau mengambar, membuat grafik dan skematik dan dapat membuat diagram lainya. Ada dua jenis plotter Drum dan Table






MODEM

Modulation demodulation. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet.


CONSOLE

Alat yang mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal.

- non intelligent terminal

Terminal yang hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal.

- smart terminal

Terminal yang mampu melakukan proses. Terminal ini mempunyai prosessor dan memori internal di dalamnya, tetapi tidak bisa diprogram oleh user, kecuali oleh pabrik pembuatnya.

- intelligent terminal

Terminal yang pintar. Disebut juga dengan programmable terminal atau logic terminal. Alat ini juga mempunyai processor dan internal memory di dalamnya.



Card Reader


Card reader merupakan alat yang dapat membaca kartu plong (punch card). Kombinasi lubang yang terdapat pada kartu diartikan card reader sebagai suatu symbol yang dimengerti oleh computer.





Floppy Disk Drive


Merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk (Disket). Alat ini juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket. Beberapa merek Flopy Disk Drive yang ada dipasaran antara lain yaitu: Panasonic, Sony, Samsung dll.



Tape Drive


Salah satu perangkat RAM yang menggunakan pita magnetik untuk penyimpanan datanya. Pita magnetik ini sama persis dengan pita magnetik yang digunakan dalam pita kaset. Kerugian dari penggunaan alat ini adalah cukup lama untuk mendapatkan data kembali.





CD ROM

Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)

CD RW

Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk) juga dapat menulis dan merekam data pada CD
CD ROM / CD RW mempunyai kecepatan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dst.
Beberapa Merek antara lain: Samsung, LG dll






DVD ROM

Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data baik CD atau DVD

DVD RW

Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD / DVD
DVD ROM / DVD RW mempunyai kecepan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dst.
Beberapa Merek: Samsung, LG, Philip dll






Central Processor Unit (CPU)

Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output.






CPU terdiri dari tiga bagian fungsional:




  1. ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsi melakukan semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logika
  2. CU (Control Unit) berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lainya.
  3. Register berfungsi menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU.

Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalah:






Mainboard

Mainboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Mainboard antara lain:
Mulai dari kelas AT 486 , Pentium I, Pentium II, Pentium III hingga kelas Pentium 4.

Beberapa merek Mainboard antara lain: ECS, ASUS, AS Rack, dan lain sebagainya




Processor

Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya. Ukuran Processor adalah MHz (Mega Hertz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi

Beberapa jenis processor:

  • Prosesor Pentum I 75 MHz – 200 MHz dst…
  • Prosesor Pentium II 300 MHz – 450 MHz dst..
  • Prosesor Pentium III 650 MHz – 950 MHz dst.
  • Prosesor Pentium 4 1,3 GMHz – 3.0 GHz dst.

Merek prosesor antara lain: INTEL, AMD. IBM dll.




Memory


Memory merupakan tempat meyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau instruksi yang dapat ditampung untuk diolah.

Beberapa Jenis Memory antara lain adalah:
ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll

Memory yang umum dipakai berkapasitas mulai dari : 16 MB 32 MB, 54 MB, 256 MB 512 MB, 1 GB, dst

Merek-merk memory yang ada di pasaran: V Gen, Visipro, Kingston dll.












Istilah yang trdapat dalam memori :

- Dari kebutuhannya

Primary memory device => pemakaiannya suatu keharusan.

Secondary memory device => bersifat tambahan saja

- Dari letaknya

Internal memory device => dalam processor (RAM,ROM)

Eksternal memory device => luar processor (disk,tape)

- Dari isi memory

Permanent memory device => isi tetap jika listrik mati

Non-permanent memory device => isi berubah jika listrik mati

0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT IDUL FITRI

[kartun-lebaran2.gif][kartun-lebaran2.gif][kartun-lebaran2.gif][kartun-lebaran2.gif]

wibiya widget

 
 
 

MAU UANG.......

BURU DOLLAR....

dOLLAR